Latest News

Memahami Jaringan Komputer

Setelah sekian lama berkelana, kami kembali lagi menghidupi blog Ebook Teknisi Komputer ini dengan sajian yang membahas tentang bagaimana memahami konsep jaringan komputer lebih dalam. Pada postingan kali ini kami akan membas tentang metode ethernet dalam menciptakan sebuah jaringan.

Bagi yang baru membaca tulisan ini disarankan untuk memahami terlebih dahulu jenis jenis jaringan komputer pada postingan kami sebelumnya.

Mari kita mulai...

Anda memiliki banyak cara untuk menghubungkan komputer secara bersama-sama untuk menciptakan jaringan komputer namun hanya dua metode utama yang menghubungkan yaitu kabel dan gelombang udara (nirkabel). Setiap metode jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang tentunya dapat anda pilih mana yang menurut anda paling cocok.

Menggunakan Kabel (Ethernet): Semua komputer terhubung ke router dengan, kesulitannya pada mengatur kabel jaringan. Namun, jaringan kabel memberikan kecepatan akses jaringan yang lebih cepat daripada jaringan nirkabel, dan lebih sederhana daripada nirkabel dalam arti bahwa Anda tidak harus belajarberbagai istilah teknis.

Jaringan berkabel menggunakan perangkat yang disebut router yang menghubungkan Anda ke koneksi Internet. Anda menghubungkan semua komputer langsung ke router dengan kabel khusus yang disebut kabel Ethernet. Router mendistribusikan akses Internet diantara komputer yang terhubung. Selain itu, router berfungsi sebagai pengendali untuk komunikasi antara komputer.

Gambar Berikut menunjukkan, dasar jaringan berbasis kabel Ethernet.

memahami jaringan komputer


Keuntungan dari model jaringan ini adalah konsepnya sangat sederhana dan hanya sedikit pemahaman teknis yang dibutuhkan. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan kabel antara komputer dan router.

Keuntungan lain jaringan kabel adalah bahwa kecepatan jaringan bisa jauh lebih tinggi daripada jaringan nirkabel. Kecepatan bisa mencapai hingga 1.000 Mbps (megabit per detik) untuk koneksi kabel, tetapi hanya sekitar 100 Mbps untuk koneksi nirkabel.

Megabit per detik (Mbps) adalah unit umum ukuran untuk kecepatan di mana data atau
informasi ditransfer pada jaringan.

Di sisi lain, kekurangannya adalah bahwa Anda harus merentangkan kabel. Ini berarti bahwa untuk setiap komputer yang diinginkan pada jaringan, Anda harus menjalankan kabel dari setiap komputer menuju router.

Jika semua komputer di ruang yang sama, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi jika komputer lain ada diruangan lain yang berjauhan, instalasi kabel ini memerlukan beberapa perencanaan dan waktu.

Jika anda memutuskan membangun jaringan Ethernet kabel, Anda memerlukan
hardware berikut ini:

1) Wired router atau Router kabel

Router jenis ini adalah jantung dari jaringan komputer. Anda menggunakan satu router yang terletak di tengah rumah atau kantor Anda yang akan menghubungkan tiap komputer ke jaringan, sehingga Anda menghemat jumlah dan panjang kabel yang diperlukan untuk menghubungkan komputer.

2) Network cards (Kartu jaringan)

Kartu ini dipasang dalam komputer Anda dengat fasilitas port Ethernet, yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan antara komputer dan router.

3) Ethernet cable atau Kabel Ethernet

Ini adalah kabel yang menghubungkan antara router dengan komputer. Anda dapat menggunakan salah satu dari dua kategori kabel Ethernet populer: Cat5e atau Cat6. Connecters pada kabel ini disebut RJ-45.

Demikianlah ulasan tentang pemahaman jaringan komputer yang bisa kami sajikan. Selanjutnya kami akan terus membahas tentang jaringan komputer pada postingan-postingan yang akan datang.